PELATIHAN SANITASI PEMUKIMAN/ TEHNIK PENGELOLAAN DAN PENGOLAHAN SAMPAH KECAMATAN KOTABARU

Selasa, 14 November 2017 | 14:04:04 WIB | Dibaca: 526 Kali



PAAL LIMA- Senin, 6 November 2017 Kelurahan Paal Lima menjadi kelurahan pertama yang melaksanakan pelatihan Sanitasi Pemukiman / Tehnik Pengelolaan dan Pengolahan Sampah. Kegiatan sanitasi sendiri adalah sebuah perilaku yang disengaja untuk membudayakan hidup dengan bersih dan bermaksud untuk mencegah manusia bersentuhan secara langsung dengan bahan-bahan kotor dan berbahaya yang mana perilaku ini menjadi usaha yang diharapkan bisa menjaga serta meningkatkan kesehatan manusia.

Sanitasi Pemukiman kali ini bertujuan untuk menjadikan lingkungan yang bersih dan sehat untuk manusia. Oleh karena itu dilakukanlah pelatihan untuk pengolahan dan pengelolaan Sampah, baik sampah organik maupun an organik, sehingga menjadi sebuah produk yang baru dan berguna. Pelatihan ini akan dilaksanakan di Kantor Kelurahan Paal Lima  dari tanggal 6 November sampai 11 November 2017. Dan akan dilaksanakan juga di seluruh Kelurahan pada Kecamatan Kotabaru.

Bapak santoso selaku Nara sumber Pelatihan ini, mengajarkan kepada 50 orang peserta warga kelurahan Paal Lima cara mengolah sampah Plastik bekas kemasan kopi dan minuman yang lain menjadi berbagai bentuk assesoris rumah tangga, seperti tempat tisu, kotak pensil, vas bunga, hingga kantong belanjaan. Dihari berikutnya ada pula mengajarkan membuat MOL dan membuat Kompos sendiri yang bersumber dari sampah rumah tangga warga sendiri. Camat Kotabaru, Bapak Feriadi, S.Sos berharap dengan kegiatan pelatihan ini warga dapat mentransfer ilmu nya kepada teman, kerabat dan saudaranya, sehingga kegiatan ini dapat menjadikan bumi yang lebih sehat untuk ditinggalin. (nwp) 


Pengaduan Masyarakat Online

Informasi jati diri dan isi pengaduan tidak akan ditampilkan dihalaman website ini dan kami akan merahasiakan jati diri Anda. Identitas anda akan kami jaga dan lindungi secara hukum.