KENALI ASAM ATAS LOMBA PEMANFAATAN TOGA dan AKUPRESUR

Selasa, 17 Oktober 2017 | 15:58:04 WIB | Dibaca: 406 Kali



KENALI ASAM ATAS- Dinas Kesehatan Kota bekerjasama dengan TP.PKK Kota melaksanakan Lomba Pemanfaatan Toga dan akupresur tingkat Kota Jambi tahun 2017. 04/10/2017 Kenali Asam Atas RT 15 mewakili Kecamatan Kotabaru untuk perlombaaan ini.

Pemanfaatan toga sendiri artinya adalah untuk memenuhi keperluan alam bagi kehidupan, termasuk keperluan untuk mengatasi masalah-masalah kesehatan secara tradisional (obat). Kenyataan menunjukkan bahwa obat yang berasal dari sumber bahan alami khususnya tanaman telah memperlihatkan peranannya dalam penyelanggaraan upaya-upaya kesehatan masyarakat. Pemanfaatan TOGA yang digunakan untuk pengobatan gangguan kesehatan keluarga menurut gejala umum adalah: Demam panas, Batuk, Sakit perut, dan Gatal-gatal.

Pemanfaatan toga ini diharapakan menjadi pertolongan pertama untuk gejala penyakit yang diidap oleh keluarga, sehingga tidak langsung berobat kerumah sakit ataupun kedokter. Selain pemanfaatan toga, lomba akupresur juga dilakukan, Akupresur sendiri adalah teknik pengobatan alternatif yang melibatkan pemberian tekanan lembut namun bertenaga pada bagian tertentu pada tangan dan kaki (terkadang termasuk pergelangan tangan) yang berhubungan dengan bagian tubuh yang mungkin sakit atau merasa sakit. Tindakan ini merupakan jenis terapi yang menggunakan titik refleksi yang berasal dari negara Tiongkok lebih dari 4.500 tahun lalu. Kedua ini saling keterkaitan dalam mengobati keluarga secara tradisional, aman dan efesien.

Perlombaan dihadiri oleh tim juri yang berasal dari Pokja IV TP.PKK dan Dinas Kesehatan Kota Jambi. Warga RT 15 sendiri, Ketua RT tetangga, TP.PKK Kecamatan dan Kelurahan Kenali Asam Atas, Perwakilan Puskesmas pal X dan Lurah Kenali Asam Atas. Warga RT 15 membuat sendiri jamu untuk obat Demam Berdarah dan Es krim dari Daun kelor. diharapkan RT 15 Kelurahan Kenali Asam Atas dapat menjadi juara untuk Lomba Pemanfaatan Toga ini. (nwp)


Pengaduan Masyarakat Online

Informasi jati diri dan isi pengaduan tidak akan ditampilkan dihalaman website ini dan kami akan merahasiakan jati diri Anda. Identitas anda akan kami jaga dan lindungi secara hukum.